Kamis, 24 November 2011

Pengertian IQ, EQ dan SQ



Photobucket 
Pengertian IQ, EQ dan SQ
Kecerdasan Intelektual (IQ)
Kecerdasan intelektual adalah kemampuan intelektual, analisa, logika dan rasio. Ia merupakan kecerdasan untuk menerima, menyimpan dan mengolah infomasi menjadi fakta. Inti kecerdasan intelektual ialah aktifitas otak.

Kecerdasan Emosional (EQ)
Adalah Daniel Goleman (1999), salah seorang yang mempopulerkan jenis kecerdasan manusia lainnya yang dianggap sebagai faktor penting yang dapat mempengaruhi terhadap prestasi seseorang, yakni Kecerdasan Emosional, yang kemudian kita mengenalnya dengan sebutan Emotional Quotient (EQ).

Kecerdasan Spiritual
Di akhir abad ke-20 (1999-an), Danah Zohar dan Ian Marshall melalui penelitian ilmiahnya menemukan kecerdasan lain, kecerdasan ketiga, yang disebut-sebut sebagai the ultimatte intelligence (kecerdasan tertinggi), yaitu SQ (Spiritual Questiont). Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi persoalan makna atau value, yakni kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebih luas.

Perbedaan IQ, EQ dan SQ

Eksistensi IQ, EQ dan SQ
Eksistensi IQ
Di dalam Al-Qur’an, kecerdasan intelektual dapat dihubungkan dengan beberapa kata kunci seperti kata aql  yang terulang sebanyak 49 kali dan tidak pernah digunakan dalam bentuk kata benda (ism) tetapi hanya digunakan dalam bentuk kata kerja (fi’il), yaitu bentuk fi’il madli sekali dan bentuk fi’il mudlari’ 48 kali. Penggunaan kata ‘aql  dalam ayat-ayat tersebut pada umumnya digunakan untuk menganalisis fenomena hukum alam sebagai tanda kebesaran Allah (seperti Q.S. al-Baqarah:164)

Hubungan Antara Kognisi, Emosi, Konasi dengan IQ, EQ dan SQ

Selengkapnya bisa di download disini DOWNLOAD
 

Related Posts by Categories



0 komentar:

Silahkan untuk memberikan komentar di sini...

  • Jika tidak ingin menampilkan atau tidak memiliki website/URL, pilih profile Name/URL, isi Name dan kosongi URL
  • Terima Kasih...
  •