Minggu, 18 Desember 2011

Kenapa Suka K-Drama (Drama Korea)???

Photobucket 
Akhir-akhir ini aku terjangkit penyakit koreanlovers dan sampai sekarang belum terobati. Aku benar-benar dibuat ‘mabuk’ dengan produk entertaiment Korea (hehehe... lebay ya..). Semua yang ‘berbau’ korea sangat aku sukai, mulai dari serial dramanya, movie, yang jadul ataupun masih gress, juga boyband and girlband dari A-Z.

Untuk pertama kalinya q nonton K-Drama sampai tamat episodenya baru sekitar satu setengah tahun yang lalu (Fullhouse).Sejak itu q mulai ‘ketagihan’ drama korea lainnya, seperti: Endless Love (Autumn Tale), Boys Before Flower,  Lie To Me, Coffee Prince,  City Hunter, Dream High,  Secret Garden, (masih banyak lagi) termasuk beberapa drama yang lagi tayang di TV. Tak ketinggalan pula drama bertema saeguk kayak Sungkyunkwan Scandal. Kmovie juga tak terlewatkan, diantaranya 100 Days with Mr. Arrogant, Ba Bo, My Girl and I, My Sassy Girl, Windstruck, Midnight FM, dan Death Bell I (merinding nih film, jadi takut liyat yang selanjutnya..)

Tentunya kesukaanku pada drama Korea bukan tak beralasan, ada beberapa alasan yang membuat q ‘jatuh cinta’ pada mereka. Diantara alasan-alasan itu:

Pertama
- Wajah rupawan para aktor dan aktris serta stylenya  selalu menimbulkan pesona tersendiri. Baik itu busana, gaya rambut, dll
Iinilah beberapa styles keren, versi aku:
   -  Pakaian 4 cowok keren di BBF
Ganteng-ganteng :)
   -  Pakaian ‘semi’ tomboy Kim Na Na (City Hunter)

   -  Hair Style Han Ji Eun dlm Fullhouse

   -  Dance-dance keren dari para pemain Dream High
   -  Yang paling aku suka @ dress female yang khusus digunakan di musim dingin, (banyak bulu-bulunya.... J)
  
Kedua
 
-  Memang, variasi cerita drama antara yang satu dengan yang lain banyak kesamaan dan kebanyakan bertema cinderella. Bisa digambarkan seperti ini: seorang Ibu/Ayah yang sangat menentang putranya pacaran dengan pemeran utama wanita yang miskin, atau seorang aktor terkenal yang jatuh cinta pada gadis ‘biasa’.
Namun, aku rasa setiap drama memiliki point dan karakter tersendiri, sehingga tidak menimbulkan kebosanan untuk melihat film lain dengan konsep yang sama. Dan yang terpenting karena cerita tidak berbelit-belit , tidak menyimpang dari inti cerita dan mempunyai episode yang berdurasi pendek (rata-rata 16 episode). Kabarnya, meski rating semakin naik, para produser tetap mempertahankan naskah awal, tidak memperpanjang episode yang nantinya malah membuat drama tidak konsisten dengan alur cerita.  

Ketiga
-  Dialog antar pemain yang menyentuh dan tidak monoton. Banyak ungkapan cinta yang diekspresikan dengan sangat menarik dan tentu saja romantis. Contohnya seperti di drama Secret Garden saat Joo Won mengatakan pada Ra Im: Aku menikahimu bukan karna aku mencintaimu, tapi karna aku hanya mencintaimu .... (simple tapi sangat mengena)

Keempat
-  Para pemerannya mempunyai karakter yang kuat, dengan kata lain,  akting mereka oke banget!!! Pemeran tokoh protagonis pun tidak melulu digambarkan sebagai seorang manusia yang sempurna bak malaikat, tidak hanya berdiam diri saat ditindas oleh lawannya. Bahkan, mereka tidak selalu bersikap baik, pernah marah, bertingkah aneh atau malah terlihat cruel, seperti tokoh Hye Mi dalam drama Dream High (meski ini hanya pada awal cerita).  

Tokoh antagonisnya juga masih digambarkan bahwa mereka masih memiliki nurani dan ada alasan yang jelas atas kejahatannya. Saat akan melakukan kejahatan, terlihat bahwa mereka bimbang, masih berfikir apakah aku harus melakukannya? Ini bisa dilihat dari karakter Baek Hee, sahabat Hye Mi saat akan menjatuhkan pot ke arah Hye Mi karena merasa sudah dikhianati dan kalah bersaing.
Menurutku dalam KDrama, tidak ada tokoh dengan karakter yang begitu sempurna atau sifat yang begitu kejam, (kalaupun ada, kayak serial Kim Tak Gu, tidak sampai membuat drama jadi “lebay”)

-  Alasan terakhir, > tidak hanya film, tapi pada setiap drama Korea pasti memiliki Original Sound Track (OST), jadi kita tidak hanya disuguhi keindahan visualnya saja dan merasa bosan karna hanya musik itu-itu aja yang dimainkan. Jadi, setiap adegan rasanya menimbulkan kesan tersendiri dan setiap mendengarkan lagu yang dijadikan soundtrack, rasanya ingin kembali melihat drama tersebut.

Meskipun begitu, aku tetap tak mau ketinggalan menonton film-film produksi Indonesia tercinta yang tentu saja lebih banyak nilai dan hikmah yang diperoleh, termasuk dapat memahami budaya sendiri. Indonesia memilki film-film yang tak kalah keren, seperti Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, KCB, 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta, Merantau dan masih banyak yang lain.

So, I like Korea but love Indonesia. (kayak semboyan blog sobat Koreanchingu )

Ok....That’s all just my opinion

Sumber link gambar:
http://www.crunchyroll.com/forumtopic-253099/who-has-the-best-hair-hair-style?pg=32
http://www.lipglossloveaffair.com/2011/07/kim-nanas-city-hunter-style.html
 

Related Posts by Categories



0 komentar:

Silahkan untuk memberikan komentar di sini...

  • Jika tidak ingin menampilkan atau tidak memiliki website/URL, pilih profile Name/URL, isi Name dan kosongi URL
  • Terima Kasih...
  •