Kata ihdinaa (berikanlah kami petunjuk) merupakan bentuk kata perintah (fi’lu al-amr) dari kata hadaa-yahdii. hadaa-yahdii sendiri artinya adalah memberi petunjuk kepada hal-hal yang benar. Kata hidayah merupakan bentuk masdar dari kata ini. Dalam tafsir Munir karya Dr. Wahbah Zuhaily, hidayah ada lima macam. Satu hidayah ke hidayah yang lain bersifat hierarkis, dimana hidayah yang ada dibawahnya akan menyempurnakan hidayah yang ada di atasnya. Jadi, semakin ke bawah, maka semakin tinggi nilainya. Adapun kelima hidayah tersebut adalah sebagai berikut:
Pertama, Hidayah Ilhami. Hidayah ini adlah fitrah yang Allah berikan kepada semua makhluk ciptaan-Nya. Contohnya, Allah SWT memberikan hidayah ilhami kepada lebah yang suka hinggap di bunga untuk mengambil saripatinya, dapat membangun sarang yang menurut para ahli adalah desain yang paling sempurna berdasarkan fungsinya. Seorang bayi yang lapar diberi hidayah ilhami oleh Allah SWT untuk menangis dan merengek-rengek pada ibunya agar diberi ASI. Siapakah yang megajari lebah dan bayi tadi untuk melakukan hal tersebut? Tentunya kita yang beriman kepada Allah SWT akan menjawab: itulah kekuasaan Allah SWT yang telah memberikan hidayah ilhami kepada makhluk-Nya. Semua makhluk yang diciptakan Allah SWT akan menerima hidayah ini. Dalam bahsa kita, hidayah ilhami merupakan insting, yang merupakan tingkat intelegensi paling rendah.
Kedua, Hidayah Hawasi. Adalah hidayah yang membuat makhluk Allah SWT mampu merespon suatu peristiwa dengan respon yang sesuai. Contohnya adalah, ketika menusia mendapatkan kebahagiaan maka ia akan senang dan jika mendapatkan musibah ia akan sedih. Dalam istilah kita, hidayah hawasi ini merupakan kemampuan inderawi.
Hidayah hawasi sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Maka respon yang ditimbulkan dari sebuah peristiwa sangat tergantung dari lingkungan kita. jika leingkungan itu normal, maka respon kita akan normal. Misalnya, orang yang mendapat musibah akan sedih karena lingkungannya mengajarkan untuk merespon peristiwa tersebut dengan sedih. Di lain tempat dan waktu mungkin saja respon ini berubah karena lingkungannya merespon dengan hal yang berbeda. Maka untuk mendapatkan hidayah hawasi ini kita harus membuat atau mengkondisikan agar lingkungan kita normal alamiah.
Ketiga, Hidayah Aqli (akal). Hidayah akal adalah hidayah yang diberikan khusus kepada manusia yang membuatnya bisa berfikir untuk menemukan ilmu sekaligus merespon peristiwa dalam kehidupannya dengan respon yang bermanfaat bagi dirinya. Hidayah akal akan bisa kita miliki manakala kita selalu mengambil pelajaran dari segala sesuatu, segala peristiwa dan seluruh pengalaman hidup kita ataupun orang lain. Allah SWT berfirman:
Dia-lah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli kitab dari kampung-kampung mereka pada saat pengusiran yang pertama. Kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan merekapun yakin, bahwa benteng-benteng mereka dapat mempertahankan mereka dari (siksa) Allah; Maka Allah mendatangkan kepada mereka (hukuman) dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. dan Allah melemparkan ketakutan dalam hati mereka; mereka memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangan mereka sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (Kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, Hai orang-orang yang mempunyai wawasan. (QS. Al-Hasyr : 2)
Yang dimaksud ahli kitab dalam ayat di atas ini ialah orang –orang Yahudi Bani Nadhir pada masa Nabi Muhammad SAW di Madinah. Merekalah yang mula-mula dikumpulkan unutk diusir keluar dari Madinah karena mereka mengingkari Piagam Madinah.
Ayat ini memerintahkan kita untuk senantiasa mengambil hikmah dan ibroh dari segala kejadian dalam kehidupan ini, dengan harapan kita akan bekerja dengannilmu yang diperoleh, dari proses pembelajran kehidupan yang telah dilakukan, ayng kemudian digunakan untuk memilih respon yang terbaik bagi diri di masa mendatang. Semakin banyak kita mengambil pelajaran maka semakin tinggi kualitas hidayah akal kita.
Namun hidayah akal ini mempunyai keterbatasan dalam menyeragamkan respon terhadap sebuah kejadian untuk seluruh umat manusia. Ada pepatah “Lain ladang, lain pula belalangnya. Lain kepala, lain pula isinya”. Mungkin respon tertentu baik menurut kita, akan tetapi belum tentu baik menurut orang lain. Maka diperlukan sebuah standar unutk menyeragamkan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang hak dan mana yang bathil. Jawaban untuk hal ini ada pada tingkat hidayah selanjutnya.
Keempat, Hidayah Dien (agama). Adalah sebuah panduan ilahiyah yang membuat manusia mampu membedakan antara yang hak dan batil, antara yang baik dan buruk. Hidayah agama ini merupakan Standart Operation Procedure (SOP) untuk menjalani kehidupan. Tentunya yang membuatnya adalah Yang Maha segala-galanya, yang menciptakan manusia itu sendiri, yaitu Allah SWT. Karena yang Allah SWT tentukan, pastilah itu yang terbaik. Allah SWT berfirman:
...... Boleh jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia Amat baik bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 216)
Maka apa saja yang ditentukan oleh agama, pastilah itu yang terbaik untuk kita. hidayah agama ini bisa kita peroleh manakala kita selalu belajar dan memperdalam agama Islam ini.
Seperti Allah SWT tegaskan dalam Al-Qur’an:
Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, Hikmah dan kenabian, lalu Dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah." akan tetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya. (QS. Al-Imran : 79)
Semua orang mampu mempelajari agama ini (al-Qur’an dan Sunnah), akan tetapi tidak semua orang berkemauan unutk mengamalkan agama ini. Kemauan untuk mengamalkan agama akan berbanding lurus dengan sejauh mana kita bisa menggapai hidayah taufiq.
Kelima, Hidayah Taufiq, adalah hidayah yang membuat manusia hanya akan menjadikan agama sebagai panduan hidup dalam menjalani kehidupannya. Hidayah taufiq ibarat benih yang Allah SWT semaikan di hati yang tidak hanya bersih dari segala hama penyakit, tetapi juga subur dengan tetesan robbani. Bersih dan suburnya hati akan terlihat dari pohon-pohon kebaikan dan amal yang tumbuh di atasnya. Hanya kesungguhan yang akan membuat kita pantas menerima hidayah taufi dari Allah SWT. Firman Allah SWT:
Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al-Ankabuut : 69)
Maka tidak ada jalan lain agar kita mendapatkan hidayah taufiq dari Allah SWT, kecuali dengan jalan bersungguh-sungguh dan berjihad menjalankan dan mengamalkan agama yang indah ini.
Hidayah Allah SWT memerlukan perjuangan untuk mendapatkannya. Semakin besar perjuangan dan kesungguhan kita, maka insyaAllah kita akan semakin mudah mendapatkannya, karena semuanya tergantung kepada usaha kita. hidayah Allah SWT ibarat sinar matahari yang menyinari seluruh alam ini, dan kita adlah penerima sinar tersebut. Jika kita membuka diri dengan hati yang bersih maka kita akan mudah unutk mendapatkan sinar hodayah Allah SWT. Tapi jika kita menutupi hati dan diri kita dengan kotoran dan hama penyakit hati maka kita akan sulit mendapatkan sinar hidayahnya.
Wallahu A’lam
0 komentar:
Silahkan untuk memberikan komentar di sini...